Karakteristik Pemilihan Resistor Dasar

Komponen pasif didefinisikan sebagai komponen listrik yang tidak bergantung pada daya, seperti resistor, kapasitor, induktor, dan transformer. Ada komponen pasif lain yang perlu dipertimbangkan, tetapi artikel ini hanya berfokus pada resistor. Ketika merancang sirkuit analog atau digital, sering kali sulit mengetahui resistor terbaik untuk digunakan. Ada ribuan resistor di pasar, dan semuanya lebih baik daripada yang lain untuk aplikasi tertentu. Berbagai jenis resistor memiliki karakteristik yang berbeda.

Resistor adalah elemen yang, seperti namanya, memberikan perlawanan terhadap aliran elektron melalui media. Mereka digunakan untuk berbagai macam fungsi. Mereka digunakan untuk membatasi arus, untuk mengatur tingkat tegangan, untuk memanipulasi pengaturan waktu rangkaian, dan untuk banyak aplikasi lainnya. Berbagai properti resistor termasuk toleransi, rating tegangan, rating daya, peringkat temperatur, koefisien resistansi temperatur, dan respons frekuensinya.

Toleransi resistor didefinisikan sebagai berapa banyak nilai resistor bervariasi dari nilai yang ditetapkan. Parameter ini didefinisikan sebagai persentase, biasanya 1%, 5%, dan 10%. Resistor presisi tersedia yang toleransi turun di bawah 1%. Peringkat tegangan resistor adalah jumlah tegangan yang dapat dengan aman dijatuhkan ke resistor. Peringkat daya adalah jumlah daya yang dapat dikonsumsi dengan aman oleh resistor. Daya yang terdaftar biasanya diasumsikan sebagai kekuatan rata-rata yang dapat dihabiskan oleh resistor, daripada seketika. Sebagai aturan praktis, lebih baik memilih resistor yang memiliki peringkat daya setidaknya dua kali lipat dari yang dibutuhkan.

Rating suhu mendefinisikan batas suhu dimana resistor akan berfungsi dengan baik. Koefisien resistansi suhu adalah jumlah varians yang ditunjukkan oleh resistor karena temperatur bervariasi dari 25oC dan diukur dalam bagian per juta (ppm). Respons frekuensi dari sebuah resistor adalah perubahan dalam impedansi yang ditunjukkan oleh resistor sebagai fungsi frekuensi. Perubahan impedansi sebagai fungsi frekuensi terkadang diinginkan dan terkadang tidak.

Ada banyak faktor lain yang perlu dipertimbangkan ketika memilih resistor, namun, untuk banyak aplikasi dasar, properti ini menawarkan awal yang baik. Kebanyakan vendor yang menjual resistor membuatnya relatif mudah untuk memilih parameter yang diinginkan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada ribuan resistor di pasar, sehingga membantu untuk dapat menyaring yang dibutuhkan, tergantung pada aplikasi. Semua faktor ini penting dalam kinerja sirkuit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *