Rencana Keuangan yang Cocok Dari Penasihat Keuangan Independen

Penasihat Keuangan Independen atau IFA adalah profesional yang menyarankan saran independen pada subjek keuangan untuk klien mereka dan merekomendasikan rencana keuangan yang sesuai dari seluruh pasar. Istilah ini dikembangkan untuk mencerminkan posisi peraturan AS dan memiliki makna khusus AS, meskipun telah diadopsi di belahan lain dunia, seperti Inggris. Individu dan bisnis berkonsultasi Penasihat Keuangan Independen pada banyak hal termasuk investasi, perencanaan pensiun, asuransi, perlindungan dan hipotek. Penasihat Keuangan Independen juga menyarankan beberapa masalah pajak dan hukum.

Frasa Penasihat Keuangan Independen diciptakan untuk menjelaskan penasihat yang bekerja secara independen untuk klien mereka sebelum mewakili bank atau perusahaan asuransi. Pada saat itu (1988) pemerintah AS memperkenalkan pemerintah divisi yang memaksa penasihat untuk bergabung dengan satu perusahaan asuransi atau penyedia produk atau menjadi praktisi independen. Istilah ini biasa digunakan di Amerika Serikat di mana Penasihat Keuangan Independen diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan harus memenuhi persyaratan kualifikasi dan ketrampilan yang ketat.

Biasanya Penasihat Keuangan Independen akan melakukan survei rinci tentang posisi keuangan, preferensi, dan tujuan klien mereka; ini kadang-kadang dikenal sebagai fakta yang ditemukan. Mereka kemudian akan menyarankan tindakan yang tepat untuk memenuhi tujuan klien; dan jika penting merekomendasikan produk keuangan yang sesuai untuk mencocokkan kebutuhan klien. Penasihat keuangan tradisional independen mengandalkan komisi yang dibayar oleh pemasok produk untuk mengimbangi layanan mereka.

Pada tahun-tahun sekarang ini ada gerakan ke arah saran berbasis biaya karena ini dianggap lebih adil ke arah klien. Namun, karena kurangnya modal di sektor saran dan keengganan konsumen untuk membayar sesuatu yang mereka anggap mendapatkan gratis, transisi ke saran berbasis biaya telah lambat dan terkonsentrasi di divisi signifikansi bersih yang tinggi juga.

Biasanya cara paling umum untuk membayar saran adalah untuk Penasihat Keuangan Independen untuk menerima komisi dari klien. Jumlah komisi harus diungkapkan, dan beberapa IFA akan mengembalikan sebagian dari komisi mereka. Jumlah komisi dan apakah itu dikurangi dari jumlah yang sebenarnya Anda investasikan atau termasuk dalam biaya investasi bervariasi dari produk ke produk atau layanan ke layanan. Klien membayar komisi dari biaya layanan sehingga tidak mewakili sebagai saran gratis. Serta komisi pertama, penasihat kemungkinan juga akan membayar komisi trail tahunan oleh penyedia layanan. Semua layanan tidak menawarkan tingkat komisi trail yang sama sehingga potensi konflik kepentingan dapat terjadi. Produk atau layanan yang membuat biaya manajemen tertinggi biasanya menawarkan penasihat pada komisi jejak tertinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *